1/24/2013

Sekilas Jagung Manis




Jagung manis (Sweet Corn) memiliki nama latin Zea Mays Convar, pertama kali ditemukan ditanam oleh suku asli Amerika yaitu suku Iroquois yang menamakannya dengan nama papoon. Kemudian pada tahun 1779, suku ini menjual bibit jagung ke pedagang Eropa yang datang ke Amerika.
Jagung Manis merupakan hasil dari mutasi resesif gen yang mengontol konversi jagung menjadi tepung di dalam endosperma. Memiliki varietas lebih dari 200. Rasanya manis dan di panen pada umur yang lebih muda dari jagung pipil. Teksturnya lebih lembut dan berair, serta termasuk dalam jenis sayur-mayur. 
Jagung manis mengandung berbagai jenis zat yang baik untuk kesehatan seperti energi, karbohidrat, gula, serat, lemak dan protein. Kandungan vitamin yang terdapat dalam jagung manis pun bervariasi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B9, vitamin C, Zat besi, Magnesium dan potasium. Di setiap bijinya memiliki rasio antara gula dan tepung 80 : 20, namun dalam tiga hari rasio gula dan tepung akan berubah menjadi 20 : 80.
Jenis Jenis Jagung Manis
Jagung Manis Kuning (Yellow White Corn), adalah jenis jagung manis yang memiliki biji berwarna kuning.  Jenis jagung manis yang banyak di jual secara komersial.


Jagung Manis Putih (White Sweet Corn), adalah jenis jagung manis yang bijinya berwarna putih. Rasanya tidak semanis jagung manis kuning atau jagung manis krim. Jenis jagung yang tidak banyak diproduksi secara komersial.
Jagung Manis Peach dan Krim (Peaches and Cream Sweet Corn), Jenis jagung manis yang bijinya berwarna krim dan kuning. tidak banyak diproduksi secara komersial.

No comments:

Post a Comment